Selasa, Desember 7, 2021
BerandaHLWakil Ketua Komisi VIII, Diseminasi Pengawasan Keuangan Haji di Palas

Wakil Ketua Komisi VIII, Diseminasi Pengawasan Keuangan Haji di Palas

PALAS – realitasonline.id | Dana haji sepenuhnya dikelola melalui Badan Pengelolaan Keuangan Haji sesuai Undang-undang 34 tahun 2014. 

Demikian diucapkan Wakil ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang giat diseminasi pengelolaan keuangan haji di kabupaten Padang Lawas, Minggu (17/10) di aula Hotel Syamsiah Sibuhuan.

Adapun Sasaran dari kegiatan ini yakni, lembaga keagamaan, pimpinan pondok pesantren, organisasi kemahasiswaan, dan masyarakat umum lainnya.

Pemahaman awam selama ini terkait pengelolaan dana haji, bahwa dana haji itu dipakai untuk bayar hutang, diterangkannya dalam kesempatan ini, sesuai Undang-undang 34 tahun 2014. 

“Ada anggapan  kalau dana haji itu tidak dikelola dengan baik, atau disalahgunakan, pendapat ini salah besar,” jelas Marwan Dasopang. 

Baca Juga:   Nawal Lubis: Guru PAUD Harus Profesional

Diterangkan Anggota DPR RI kader Partai Kebangkitan Bangsa ini, jika dikalkulasikan sepantasnya ongkos haji per jama’ah sebesar Rp. 70 juta, namun pemerintah meratakan Rp. 32 juta per jama’ah.

“Jadi untuk menanggulangi kekurangannya, diambil dari keuntungan dana haji yang diserahkan ke BPKH,” tukas politisi kelahiran Pangirkiran ini. 

Sedangkan DR Akhyar Adnan, selaku anggota Badan pengawas BPKH intens mengawasi kemana saja dana haji digunakan. Meski tidak luput dari masalah, namun pengelolaan dana haji dan dana ummat senantiasa diupayakan dikelola dengan baik. 

“Meski ada masalah, kami mengupayakan menyelesaikan masalah itu sesuai amanah yang diberikan kepada kami,” ujar Akhyar Adnan. 

Baca Juga:   Dibantu Anggota Polri, Niat Kakek di Batang Onang Paluta Untuk Divaksin Tercapai

Selain Marwan Dasopang mewakili Komisi VIII DPR RI, dan Dr M Akhyar Adnan mewakili badan pengawas BPKH bertindak sebagai narasumber, turut hadir juga ketua MUI Palas H Ismail Nasution Lc, Amru Hasibuan dari Sekolah Tinggi Agama Islam Barumun Raya (STAIBR), sebagai pembahas. Dan M Ali Siregar dari Badan Silaturrahmi Pondok Pesantren yang bertindak sebagai moderator.

Disela acara, sesi tanya jawab seputar pengelolaan dana haji ini juga diberikan kesempatan. Tentunya mengedukasi dan memberikan pemahaman tentang pengelolaan dana haji indonesia seluruhnya. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU