Rabu, November 25, 2020
Beranda Uncategorized Ketua TP PKK Siantar Syahputri Hefriansyah Kunjungi Pembuatan Batik Khas Batubara

Ketua TP PKK Siantar Syahputri Hefriansyah Kunjungi Pembuatan Batik Khas Batubara

P.SIANTAR – Realitasonline.id | Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pematangsiantar  Ny Syahputri Hefriansyah br Hutabarat mengunjungi lokasi pembuatan batik khas Batubara. Kunjungan tersebut termasuk dalam rangkaian studi banding TP PKK Kota Pematangsiantar ke TP PKK Kabupaten Batubara, Rabu (21/10/2020).

Syahputri dan rombongan tiba di kantor Camat Air Putih dan disambut Ketua TP PKK Kabupaten Batubara , Ny Maya Indriasari Zahir. Ucapan selamat datang pun disampaikan Ny Maya. 

Diterangkan Maya, TP PKK Kabupaten Batubara memberikan pelatihan dan mesin jahit kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid- 19).

“Saya sangat senang atas kunjungan kerja ibu-ibu dari pengurus TP PKK Kota Pematangsiantar ke Kabupaten Batubara. Semoga dengan kunjungan ini dapat menjalin silaturahmi antara TP PKK Kota Pematangsiantar dengan TP PKK Kabupaten Batubara,” kata Maya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Pematangsiantar Ny Syahputri Hefriansyah br Hutabarat mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa. 

“Semoga dengan kunjungan ini dapat kita tingkatkan kerja sama antara TP PKK Kota Pematangsiantar dengan TP PKK Kabupaten Batubara,” sebut Syahputri.

Selanjutnya, Syahputri dan rombongan mengunjungi lokasi pembuatan batik khas Batubara, di Desa Pasar 8, Kecamatan Air Putih, Kabaputen Batubara. 

Ketua Kelompok UMKM Melur, Saudah mengatakan pembuatan batik khas Batubara tersebut merupakan binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Batubara. Mereka mengaku senang dan bersyukur atas kunjungan TP PKK Kota Pematangsiantar.

“Mudah-mudahan bisa menjadi motivasi dan memberikan semangat bagi kami agar lebih baik ke depannya,” katanya.

Proses pembuatan batik khas Batubara menggunakan eco print dengan bahan-bahan alami yang tahan lama serta aman digunakan. Untuk prosesnya, 2 hari membatik dan 5 hari proses pencucian.

Pembuatan batik tersebut sudah berjalan sekitar empat bulan dengan 6 orang pekerja. Sedangkan untuk pemasarannya, sejauh ini melalui pameran, pemasaran lokal, dan acara Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Deskranasda). 

Batik khas Batubara masih diproduksi terbatas atau limited edition, dengan harga Rp350 ribu hingga Rp500 ribu per helai ukuran 2 meter x 1,15 meter. 

Turut hadir dalam kesempatan itu, pengurus TP PKK Kota Pematangsiantar, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Mardiana SH, pengurus TP PKK Kabupaten Batubara, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Batubara Ahmadan Chair, dan Camat Air Putih. (SS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

BERITA POPULER

‘Negeri Bertuah’ Kembali Diguncang Isu Corona, Jubir Satgas: Warga Kuala PDP, Bukan Positif Covid-19

STABAT - Realitasonline | Kabupaten Langkat yang kerap disebut dengan 'Negeri Bertuah' kembali diguncang isu corona karena salah satu warganya yang positif...

‘Sri Nabilla’ Dilepasliarkan ke Hutan TNGL

TAPANULI SELATAN - realitasonline.id | 'Sri Nabila', Harimau Sumatera berjenis kelamin betina yang telah selesai menjalani karantina di Taman Margasatwa Nagari Barumun...

“Barata” Dukung Perjuangan Relawan Kotak Kosong di Pilkada Humbahas

HUMBAHAS - realitasonline.id | Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Baginda Polin Lumban Gaol SH MH dan Rajin...

“Dicomblangin”, Harimau Sumatra di London Dibunuh Calon Pasangannya

LONDON - RealitasOnline | Seekor harimau Sumatra mati di Kebun Binatang London. Harimau betina bernama Melati itu dianiaya calon pasangannya, harimau jantan...

BERITA TERBARU

Bupati Batu Bara: MULOK Untuk Menumbuhkan Kearifan Lokal

BATUBARA – Realitasonline.id | Untuk menggali Pendikan muatan lokal (MULOK) Pemkab Batubara melakukan MOU Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Dalam kurikulum MULOK...

Kadiskominfo Labuhanbatu Terima Kunjungan Kadiskominfo Indragiri Hulu

LABUHANBATU - realitasonline.id | Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Labuhanbatu Rajid Yuliawan SKom didampingi Kepala Bidang (Kabid) Informasi publik Zainul Arifin Nasution...

Data Sebaran Covid-19 di Asahan Meningkat Tajam

ASAHAN - realitasonline.id | Jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Asahan terus bertambah, warga yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona itu tercatat...

Bupati Batu Bara Harapkan Kerjasama DANLANTAMAL TBA Menjadi Lebih Baik

BATUBARA - Realitasonline.id | Bupati Batu Bara Ir H.Zahir MAP  menerima kunjungan kerja Danlanal Tanjung Balai Asahan (TBA) Letkol Laut (P) Robinson...